BUNDA HARUS TAU!! Ini dia 7 Bahan Alami Penyedap Rasa Yang Aman Bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG


Judul : BUNDA HARUS TAU!! Ini dia 7 Bahan Alami Penyedap Rasa Yang Aman Bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG
link : BUNDA HARUS TAU!! Ini dia 7 Bahan Alami Penyedap Rasa Yang Aman Bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG


BUNDA HARUS TAU!! Ini dia 7 Bahan Alami Penyedap Rasa Yang Aman Bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG


Seperti kita ketahui MSG memiliki efek samping yang berbahaya untuk kesehatan badan manusia, Bahaya MSG bisa kita jauhi dengan menggantinya dengan penyedap alami yang tidak kalah sedapnya. Mari kita simak apapun penyedap alami tersebut .
Berikut adalah Penyedap Rasa Alami untuk pengganti MSG
Bunda Harus Tau!! Ini 7 Bahan Alami Penyedap Rasa yang Aman untuk Tubuh Sebagai Pengganti MSG
Terasi
Terasi merupakan zat cita rasa alami yang dihasilkan dari bubuk ikan serta udang kecil yang dibumbui sedemikian rupa hingga memberi rasa enak yang khas. Umumnya terasi dipakai untuk membuat sambal, namun terasi juga bisa dipakai untuk sayuran seperti tumis kangkung, tumis bayam, tumis brokoli, sayur asam, serta nasi goreng.
Sosis Sapi
Sosis sapi bisa dijadikan penyedap alami pengganti daging, tentu Anda mesti yakinkan bahwa sosis itu bukanlah sosis yang mengandung bahaya MSG. Sosis sapi biasanya telah mengandung garam, daging, serta kaldu.
Cara memproses sosis sapi untuk jadikan penyedap yaitu dengan langkah memotong tipis-tipis lalu dimasukan pada masakan. Tanpa MSG yang banyak, masakan Anda juga telah nikmat serta Anda dan keluarga bisa terlepas dari bahaya MSG.
Keju
Keju tidak hanya kaya nutrisi, namun juda dapat jadikan bahan penyedap alami untuk ganti MSG. Keju secara alami mempunyai rasa asin yang menempel yang dapat jadikan sebagai pengganti bahaya MSG.
Bagaimanakah caranya? Cukup parut keju dengan parutan halus serta masukkan pada masakan tanpa ada menambahkan garam lagi. Masakan Andapun telah bebas dari bahaya MSG.
Daun Pandan
Daun Pandan memang memiliki aroma yang khas yang bisa menambah aroma lezat serta cita rasa makanan. Daun pandan bisa dijadikan sebagai penyedap alami, bukan hanya sekedar penyedap alami saja, daun pandan juga dapat jadikan juga sebagai pewarna makanan yang alami. Biasanya pandan di proses pada pembuatan bubur kacang hijau, kolak, serta gula merah cair. Langkahnya cuma dimasukkan kedalam masakkan yang tengah di rebus di atas api. Dalam resep yang berbahasa inggris daun pandan dikatakan sebagai “screwpine leaf”.
Bawang Putih
Bawang putih adalah pemberi rasa enak alami yang paling banyak dipakai. Cara membuat bawang putih untuk bahan penyedap alami pengganti MSG yakni dengan memarkan bawang putih yang sudah dikupas, serta tumis dengan sedikit minyak sampai layu, saat sebelum Anda memasukkan bahan-bahan yang lain.
Bawang putih dapat juga dihaluskan, lalu ditumis supaya lebih rata dengan bahan yang lain. Cara yang lain adalah dengan bikin bubuk bawang putih goreng
Tempe
Tempe merupakan makanan sehat yang mempunyai sumber protein serta kalsium yang tinggi, karena tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Tempe dapat juga jadikan sebagai bahan penyedap rasa alami, bila Anda mau membuatnya baiknya ambillah tempe yang belum di proses atau di bumbui, serta cukup potong-potong kecil tempe fresh tersebut . Padukan tempe itu dengan tumisan kangkung serta tumisan sayuran yang lain, jadi masakkan Anda bakal merasa lebih gurih. Janganlah lupa tambahkan sedikit lada putih.
Kaldu Ayam
Kaldu ayam atau sapi di buat dari tulang belulang atau daging yang direbus dalam air sepanjang sekian waktu. Ternyata kaldu ayam/sapi ini dapat jadikan bahan penyedap alami untuk pengganti MSG serta pengganti penggunaan garam. Caranya, rebus tulang dengan api kecil selama 1-3 jam. Air kaldu dapat dikemas dalam plastik-plastik kecil lalu dimasukkan dalam freezer supaya bisa dipakai waktu doperlukan. Kaldu ini sangatlah cocok untuk seluruhnya makanan, bunda dapat juga memberikan sebagian sayuran serta rempah supaya kaldu makin lezat, juga sebagai catatan, sayuran mesti dipotong besar besar lantaran bakal dimasak dalam waktu lama.

loading...